Kamu Positif Corona? Selanjutnya kamu harus begini

Sangat mengejutkan apabila kita mengetahui diri kita terjangkit virus yang sedang viral belakangan ini yaitu Covid-19 atau Corona Virus. Tentu kita akan bertanya-tanya kita kena dimana? Bagaimana cara penularannya kepada diri kita? Keluarga di sekitar kita bagaimana? Sejuta pertanyaan pasti akan terlintas di benak kita. Karena sekarang ini orang-orang terkena Corona seakan-akan lebih parah dari penyakit lainnya bahkan seakan-akan lebih buruk dari penyakit HIV-AIDS yang pasti penularannya pasti habis melakukan kelakuan yang negatif atau buruk.

Tentu kita akan bertanya-tanya kita kena dimana? Bagaimana cara penularannya kepada diri kita? Keluarga di sekitar kita bagaimana? Sejuta pertanyaan pasti akan terlintas di benak kita. Karena sekarang ini orang-orang terkena Corona seakan-akan lebih parah dari penyakit lainnya bahkan seakan-akan lebih buruk dari penyakit HIV-AIDS yang pasti penularannya pasti habis melakukan kelakuan yang negatif atau buruk. Intinya jika kita terdampak positif kita haruslah tetap tenang karena virus ini bisa disembuhkan walaupun sampai ditulis artikel ini belum ditemukan vaksinnya. Dibawah ini adalah beberapa saran-saran dari Dokter yang harus kamu lakukan jika kamu positif Covid-19

Gunakan Masker

Selalu Gunakan Masker

Belakangan ini juga setiap orang kita lihat membeli dan menggunakan masker, bahkan negara tertentu mewajibkan warganya yang tinggal di rumah tetap menggunakan masker walaupun sesama anggota keluarga. Nah jika kamu mendapatkan berita positif Covid-19 WAJIB kamu menggunakan masker walaupun berada di rumah, misalnya kamu juga tidak mempunyai masker kamu juga bisa mengunakan bandana atau baju yang bisa kmu buat seperti ninja. Tetapi tetap mengutamakan kebersihan ya apabila kamu setelah penggunaan rajin-rajinlah kamu mencucinya dan dikeringkan. Penggunaan masker ini mencegah cairan jika kamu batuk atau bersin mengingat penularan Covid-19 ini dengan cara droplet. Apabila kamu menggunakan masker tetap lakukan social distancing ya dengan anggota keluarga kamu di rumah.

Isolasi diri Kamu

isolasi diri kamu di rumah

Jika memang terbukti kamu positif segera kamu isolasi diri kamu di rumah, apabila di rumah ada keluarga kamu, kamu bisa mengisolasi diri di salah satu kamar minimal selama 14 hari loh. Jangan keluar rumah, usahakan menggunakan alat makan juga terpisah dari keluarga. Jika kamu tidak ada tempat lagi untuk isolasi di rumah dhi di rumah kamu ramai keluarga, segera kamu gunakan masker di dalam rumah, rajin-rajinlah cuci tangan apabila kamu batuk atau bersin segera cuci tangan kamu setelah itu. Lakukan yang terbaik selama kamu di rumah dan jangan tulari keluarga kamu di dalam rumah.

Bersihkan Ruangan jika kamu Share Ruangan

Share Ruangan?

Tinggal dengan orang lain mungkin juga terjadi misalnya kamu sedang kuliah di luar kota dan terpaksa tinggal di kost yang kamu join juga dengan teman kamu. Nah apabila kamu ternyata positif Covid-19 ad abaiknya kamu memberitahukan kepada teman kamu tersebut dan seminimal mungkin kontak dengan dia, dan jangan lupa juga kamu gunakan masker ya walaupun. Kamu juga rajin-rajin membersihkan bagian tempat kamu itu dari tempat tidur kamu, lantai, knob pintu, pintu kulkas (apapun yang sering disentuh juga oleh teman kamu). Usahakan minimal 1x untuk membersihkan tempat kamu tersebut, dan jangan lupa menggunakan cairan disinfektan ya agar teman kamu tersebut tidak terinfeksi, rajin-rajinlah membuka jendela agar sirkulasi udara berganti.

Jika kamu tinggal sendiri lebih baik mengajak salah satu teman atau saudara kamu agar bisa membantu kamu jika sesuatu terjadi kepada diri kamu.

Gunakan Obat dengan Bijaksana

Obat-obatan gunakan dengan Bijak

Gejala dari Covid-19 ini sangat berbeda-beda tiap orang, karena banyak faktor yang mempengaruhi dari kondisi medis seseorang, ummur, riwayat perokok dan beberapa faktor lainnya. Tenteu ini kebanyakan orang terkena Covid-19 ini pasti menampakkan gejala flu atau demam bahkan batuk-batuk. Sangatlah kamu harus bijaksana dalam penggunaan obat-obatan apalagi jika ada alergi. Terlebih lagi jika kamu ada asma atau pernah ada riwayat TBC, kamu sebaiknya langsung berkonsultasi dengan tim medis.

Lebih baik segera mengkonsumsi banyak makanan bergizi, bervitamin, jika memungkinkan olahraga dan berjemur di bawah jam 10 pagi setiap harinya. Jangan asal-asalan menggunakan obat ya teman-teman.

Minta Bantuan apabila kamu Sakit Sekali

Tolong Menolong

Janganlah segan-segan jika kamu merasa bertambah kurang baik setiap harinya, segera hubungi orang-orang terdekat kam bahkan jika memungkinkan minta bantuan tetangga juga sangat disarankan. Nantinya tetaangga kamu tersbut bisa membantu kamu secara berkala, jangan sungkan-sungkan meminta bantuan ya teman-teman. Dan apabila ktita sebagai tetangga tersebut janganlah kita enggan ataut akut membantu tetangga kita yang sedang terjangkit Covid-19 ini karena kita hidup memang saling tolong menolong. Apabila tetangga kita tersebut dikarantina selama 14 hari ke depan kita juga harus menolong mereka.

Jangan lupa juga segera bantu mereka yang membutuhkan untuk bahan makanan, sempatkan juga untuk membelikan mereka bahan pokok. Intinya kita harus bersatu untuk melewati ini bersama, terlebih lagi jika tetangga kamu tersebut orang yang sudah lanjut usia. Apakah kamu tega membiarkan tetangga kamu sakit tanapa ada yang kontrol? Hapalkan 911 dan telepon jika kondisi orang sekitar kamu semakin memburuk.

Diatas adalah beberapa saran-saran yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber, semoga kita bisa melewati semua ini dan jangan putus asa bagi teman-teman yang sudah terindikasi positif Covid-19, selagi ada jalan untuk sembuh lakukan dan jangan lupa kita tetap harus bersyukur kepada Tuhan karena wabah ini adalah atas ijin Tuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Call Now Button
%d bloggers like this: