Kopi dan Pemanasan Global

Kopi dan Pemanasan Global

Lah tentu terbesit di benak kalian apa hubungannya ini Kopi dan Global Warming/Pemanasan Global? Wah ini juga baru terbesit di benak saya pada belakangan ini. Jika kamu pecinta kopi maka tentu penasaran kan, apa pengaruhnya saya terhadap Global Warming…? What the….? 


Nah ini saya juga mau sharing-sharing sedikit jika kita pecinta kopi, sama seperti saya yang sekarang ini menyeruput minimal 3 gelas kopi hitam per harinya untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Kalau kamu bagaimana? 

Tentu jika kita konsumsi kopi yang biasa kita seduh sendiri tidak ada masalah, lalu apa hubungannya dengan Global Warming? Nah itu dia, sabar sebentar bro..  Disini saya bukan menggurui atau mengajari kamu, saya tekankan saya cuma sharing. Tentu disini kita semua pernah meminum kopi sachet, tau kan kopi sachet? Yang instan, tinggal memasukkan air panas lalu diaduk dan siap diminum. Bukan perkara tentang kopi sachet yang dinilai oleh pakar kesehatan tidak sehat dan bahkan ada beberapa pendapat itu bukan kopi. 

Mari kita coba hitung bersama misalnya saya sehari minum kopi 3 gelas, kita buat menjadi 3 sachet, maka 3 x 30 = 90 sachet/bulan, dan untuk 1 tahun 90 x 12 = 1.080 sachet plastik. Ok buat lah menjadi 1 sachet/hari x 30 = 30 sachet/bulan; 1 tahun 30 x 12 = 360 sachet plastik. Woww… tentu kamu baru tahu kan? Sama saya juga baru tahu terutama hitung-hitungan ini belakangan ini. 

Tapi nanti jika kita ngopi dan ada teman kita, kita tidak mau ngopi sachet nanti dibilang blagu, ribet, sok kaya, dll… Wah kalau kita jelaskan masalah global warming ke mereka disangka kita nanti menceramahi mereka ya.. 

Jadi intinya data statistik diatas bahwa ada baiknya kita menjauhi kopi sachet mulai sekarang, tentu tidak bisa langsung karena ada proses, saya disini bukannya mau menjatuhkan kopi sachet ya. Tetapi coba berpikir lagi apa yang harus kita perbuat untuk lingkungan. Lebih baik perusahaan-perusahaan itu memikirkan lagi pengganti plastik ini apa untuk kemasannya.

Sudah pasti semua orang mengenal nama ini “Starbucks” yang terkenal adalah kopinya yang katanya nikmat. Namun sudah banyak sekali saingan dari starbucks ini untuk jenis minuman kopi ini. Disini juga saya mau memberikan sedikit bocoran bahwa sampah plastik dari coffe shop ini juga tidaklah sedikit loh. Kenapa? Coba lihat infografis di bawah ini bahwa Gerai Kopi di Indonesia sudah menjadi incaran investor loh, kita lihat saja bahkan mereka dapatkan suntikan dana asing. Ini baru contoh dua gerai kopi yang sedang naik daun. 

Intinya jika ke coffee shop sangat disarankan membawa tumblr sendiri atau tempat minum sendiri jika kita mau take away untuk mengurangi polusi sampah plastik yang biasa digunakan oleh coffee shop. Setuju kan?

Setidaknya tindakan kecil kita ini berpengaruh nanti ke keluarga kita, teman-teman dan kemungkinan besar pasti kita tularkan ke anak cucu kita kan. Sukur-sukur jika ada orang yang melihat kita diluar dan mereka mengikuti tindakan kita ini. Wahhh….. nantinya bumi kita yang kita huni ini semakin bersih nantinya..

 

Sharing is Caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Call Now Button